Bagi Alumni ITS yang ingin berbagi tulisan-tulisan untuk dimuat di Blog ini, kami persilahkan menghubungi Email: purwoko.e28@gmail.com dan CC kan ke: dewa.yuniardi@gmail.com

Koneksi Internet Lelet, ITS Gandeng Google

Tahun baru, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pun berupaya meningkatkan pelayanan terhadap para mahasiswa. Salah satunya dalam bidang pelayanan internet mahasiswanya, Badan Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI) ITS melakukan kerja sama dengan perusahaan search engine dunia, yakni Google.  

Sebagai langkah awal, BTSI ITS meresmikan migrasi email resmi ITS dari webmail ke gmail. Kepala Pusat layanan Teknologi Informasi ITS Arief Rahman mengungkap, kerjasama tersebut dilakukan karena melihat kebutuhan mahasiswa ITS. Sebagai civitas academica kampus teknik, aktivitas mahasiswa ITS tak pernah lepas dari jeratan Teknologi Informasi (TI). Namun, kebutuhan tersebut selama ini belum bisa terpenuhi dengan maksimal karena minimnya infrastruktur.

''Banyak mahasiswa yang komplain kepada kami tentang koneksi lelet, kurang stabil hingga jaringan internet putus. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, BTSI berani menjalin kerjasama dengan perusahaan search engine Google," kata Arief, seperti disitat dari ITS Online, Rabu (27/2/2013).

Untuk kerjasama perdana, BTSI  memindahkan email resmi ITS yang sebelumnya webmail menjadi gmail. Arief menjelaskan, pemindahan ini dilakukan untuk meningkatkan layanan terhadap pengguna email resmi ITS. Pasalnya, dengan menggunakan gmail, kapasitas penyimpanan email akan bertambah hingga 25 gigabyte.

Selain itu, tingkat keamanan gmail tinggi dan fitur yang ditawarkan lebih variatif. Meski telah dipindah menjadi gmail, domain yang terdaftar tetap milik ITS sehingga proses pengawasan dan pengelolaan email sepenuhnya dilakukan oleh BTSI ITS. ''Sebelum kami resmikan hari ini, kami sudah melakukan uji coba di tiga jurusan dan hasilnya lancar, tidak ada masalah,'' urainya.

Oleh sebab itu, supaya dapat segera dinikmati, Arief menyarankan kepada seluruh mahasiswa ITS untuk secepatnya memindah akun webmail mereka ke gmail. Caranya, dengan log in ke webmail ITS terlebih dahulu. Kemudian klik link migrasi dan log in ke gmail.its.ac.id. ''Tidak sampai 10 detik akun kita akan pindah,'' imbuh Arief.

Selain email, dalam waktu dekat kerjasama akan berlanjut dalam pembuatan kalender akademik. Nantinya, kalender akademik ITS akan terintegrasi dengan Google kalender.

"Sehingga secara otomatis Google akan mengingatkan jadwal akademik bagi mahasiswa yang menggunakan produk Google. Misalnya jadwal ujian semester, minggu perkuliahan, hingga pembayaran SPP,'' paparnya.

Bahkan, email orangtua mahasiswa nantinya juga akan diintegrasikan dengan Google. Sehingga, proses pemberitahuan hasil studi mahasiswa selama satu semester tidak lagi lewat surat melainkan lewat email yang secara otomatis dikirim lewat Google.

Arief berharap, kerjasama ini dapat semakin menunjang sistem pendidikan yang ada di ITS. Selain itu, terbentuknya cloud community juga menjadi salah satu tujuan utama yang tidak kalah penting. ''Kami sekarang sudah mulai menerapkannya,'' tutup Arief.
Margaret Puspitarini
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Blog | Kojack | Dewa Yuniardi
Copyright © 2012 - 2016. Blog IKA - ITS Jakarta Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger