Bagi Alumni ITS yang ingin berbagi tulisan-tulisan untuk dimuat di Blog ini, kami persilahkan menghubungi Email: purwoko.e28@gmail.com dan CC kan ke: dewa.yuniardi@gmail.com

Alumni Tenik Kimia Sumbang Peralatan Laboratorium

Kepedulian Ikatan Alumni ITS (IKA ITS) terhadap pengembangan kampus perjuangan kembali ditunjukkan. Yang terbaru, Alumni Teknik Kimia ITS (Altekimits) memberikan sumbangan peralatan laboratorium untuk Jurusan Teknik Kimia yang bernilai total Rp 150 juta. Prosesi penyerahan sumbangan tersebut dilakukan pada Sabtu (4/5), yang bertepatan dengan rapat kerja Altekimits 2013.

Beberapa peralatan yang dihibahkan di antaranya shaker untuk laboratorium kimia fisika dan spektrofotometer untuk laboratorium kimia analisa dan kimia organik. Selain itu, masih ada autoklaf yang dapat digunakan sebagai alat sterilisasi untuk laboratorium mikrobiologi.

Ir Gatot Kustyadji SE MSi, Ketua Umum Altekimits menjelaskan, sumbangan tersebut diberikan guna memperlancar proses pengajaran di jurusan Teknik Kimia ITS. Pasalnya, beberapa peralatan laboratorium yang digunakan saat ini tergolong tua dan sudah saatnya dilakukan peremajaan. ''Bantuan ini memang kecil. Namun, kami harap bisa membantu,'' tuturnya.

Selain itu, bantuan ini juga difungsikan sebagai sarana sinergitas antara Altekimits dan akademisi Jurusan Teknik Kimia ITS. Gatot menambahkan, untuk mewujudkan target internalisasi ITS, perlu ada hubungan yang erat antara tiga entitas kampus perjuangan. Di antaranya birokrasi, mahasiswa dan alumni. ''Ini adalah salah satu bentuk kontribusi dari kami,'' jelas direktur produksi PT Semen Tonasa tersebut.

Menanggapi bantuan tersebut, Rektor ITS, Prof Dr Ir Tri Yogi Yuwono DEA mengungkapkan rasa terima kasih kepada Altekimits. Hal tersebut akan memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan pendidikan di Jurusan Teknik Kimia. ''Apresiasi khusus saya berikan terhadap Altekimits,'' ujarnya.

Dosen Jurusan Teknik Mesin ITS ini melanjutkan, program seperti ini sebenarnya juga dapat dijadikan teladan bagi IKA jurusan lain. Sebab, selama ini belum ada bantuan peralatan laboratorium yang diterima ITS atas nama IKA jurusan. ''Memang ada sumbangan yang diberikan alumni untuk beberapa jurusan, namun itu atas nama personal, bukan IKA,'' jelas dosen asal Tulungagung tersebut.

Tak jauh berbeda dengan Tri Yogi, Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Kimia (Himatekk) ITS, Sudarsono menegaskan bahwa bantuan ini akan sangat membantu proses pengajaran ia dan teman-temannya. Bukan hanya itu, tingkat keamanan peralatan juga akan semakin terjamin mengingat semua alat yang disumbangkan merupakan produk baru.

Sudarsoni berharap, bantuan seperti ini dapat semakin gencar dilakukan oleh Altekimits. Lebih dari itu, hubungan antara Altekimits dengan birokrasi jurusan dan mahasiswa Teknik Kimia diharapkan dapat semakin erat dan menghasilkan program-program yang berkualitas. (ali/esy)
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Blog | Kojack | Dewa Yuniardi
Copyright © 2012 - 2016. Blog IKA - ITS Jakarta Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger