Bagi Alumni ITS yang ingin berbagi tulisan-tulisan untuk dimuat di Blog ini, kami persilahkan menghubungi Email: purwoko.e28@gmail.com dan CC kan ke: dewa.yuniardi@gmail.com

ITS Expo 2013


Vivat Press – ITS EXPO, tentunya event ini tidak asing lagi buat Mahasiswa ITS utamanya. Event besar ini sudah menjadi agenda tahunan di ITS. Di event inilah semua mahasiswa ITS dapat berkumpul, bahkan tidak hanya  mahasiswa ITS, tidak hanya mahasiswa Surabaya. Namun Mahasiswa dari Sabang hingga Manado pun turut berpartisipasi.

ITS EXPO tahun ini mengusung tema “Harmonisasi seni dan teknologi untuk kemaritiman bangsa”. Sedangkan goal dari tema ini adalah menunjukkan bahwa inilah kondisi maritim kita, serta mampu memperbaiki budaya maritim kita.

Banyak berbagai kompetisi dalam event besar ini, seperti LKTI (Lomba Karya Tulis Ilmiah), Lomba Bisnis Plan, Fotografi, IT Contest, Recycle Art. Tidak hanya kompetisi yang dipersembahkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ITS dalam ITS EXPO ini, namun juga terdapat berbagai seni dan hiburan lainnya. Seperti halnya, Talkshow IT mengenai kemaritiman, Workshop Seni yang sudah siap dengan 20 Seniman Indonesia, Rumah Hantu, Pasar Tradisional yang siap menyediakan stand-standnya, Galery Memoribilia mengenai sejarah Surabaya sebagai kota maritime dan sejarah kampus ITS. Dengan begitu tidak hanya hiburan yang didapat, namun  juga ilmu yang bermanfaat.

Event besar ini bukanlah hanya untuk mahasiswa, namun juga bagi siswa-siswi SMA. Disana mereka dapat mengasah bakat mereka misalnya dalam bidang fotografi. Untuk mengikuti kompetisi tersebut mereka harus mengirimkan satu buah foto hasil karya mereka, kemudian diseleksi oleh pihak panitia. Dan untuk yang lolos seleksi nantinya foto mereka akan dipamerkan dalam acara tersebut, kemudian merekalah yang nantinya menjadi guide yang akan menjelaskan kepada pengunjung mengenai arti dari foto tersebut. Tema lomba fotografi ini tidak lepas dari kemaritiman bangsa.

Tidak hanya itu saja, LKTI pun tidak kalah serunya dengan fotografi. LKTI yang saat ini sudah memasuki tahap seleksi, ternyata banyak diminati oleh perguruan tinggi dari Sabang hingga Manado. Lebih tepatnya 40 Perguruan Tinggi Negeri dan 35 Perguruan Tinggi Swasta. Seperti, Universitas Malikul Saleh, Manado, Bali, UNHAS, UI, ITB, UGM dan masih banyak  lainnya.

Event besar ini akan digelar pada  tanggal 21 April – 26 April 2013. Dan saat ini, hampir seluruh elemen panitia ITS EXPO sudah siap untuk mempersembahkan yang terbaik dari yang terbaik. Kesiapan tersebut tidak hanya terlihat dalam kompetisi yang sudah memasuki  babak penyisihan, namun juga pada Kesenian yang lainnya, utamanya Guest Star yang nantinya akan menemani dan menghibur para pengunjung ITS EXPO. Di samping itu, Opening dari ITS EXPO sendiri nantinya akan ada kehadiran dari Bapak Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh. Opening akan dilakukan pada malam hari. Dan di pagi harinya akan ada pembagian bunga ITS EXPO.

“Tujuan kita disini adalah mengexpokan kampus, tapi bukan berarti kita pamer. Kita hanya berusaha  untuk memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan bangsa yang utamanya terkait dengan maritim”, kata Mas Faris, selaku Ketua Pelaksana ITS EXPO. inilah yang menjadi harapan besarnya. (tj/elf)
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Blog | Kojack | Dewa Yuniardi
Copyright © 2012 - 2016. Blog IKA - ITS Jakarta Raya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger